4 Tips Agar Menjadi Freelancer yang Unggul

4 Tips Agar Menjadi Freelancer yang Unggul

4 Tips Agar Menjadi Freelancer yang Unggul

 

Sudah menjadi persoalan lumrah bahwa jumlah angkatan kerja di Indonesia tidak berbanding lurus dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia. Dalam jangka waktu tahun 2004 sampai 2013, Badan Pusat Statistik (BPS) melansir bahwa Indonesia memiliki jumlah angkatan kerja sebanyak 121, 19 Juta jiwa, namun patut diketahui bahwa lapangan kerja yang tersedia tidak lebih dari 56 juta unit saja. Hal ini tentu menyebabkan semakin ketatnya persaingan dalam mencari pekerjaan tetap.

 

Lantas jika tak kunjung mendapat pekerjaan tetap, apa yang harus kita lakukan ? Menjadi tenaga lepas atau freelancer agaknya bisa menjadi alternatif lain dalam bekerja. Menurut data portal pekerja lepas terbesar di dunia Freelancer.com, ada terdapat kurang lebih 550,000 freelancer asal Indonesia yang terdaftar sebagai anggota di situsnya per Oktober 2015 dan angka ini diprediksi akan terus meningkat.

 

Selain sulitnya mencari pekerjaan tetap, faktor lain yang menyebabkan bertumbuhnya jumlah freelancer di kota-kota besar di Indonesia adalah kemacetan. Banyak orang yang malas berpacu dengan waktu menembus kemacetan hanya untuk sekedar bepergian ke kantor. Namun apakah semudah itukan menjadi freelancer ? Apa saja yang perlu diperhatikan jika kita ingin menjadi freelancer yang sukses ?

 

1. Temukan Bidang Pekerjaan yang Sesuai dengan Passion

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada hobi yang dibayar, bukan ? Maka dari itu sangatlah penting untuk memastikan bahwa kita menyenangi apa yang kita kerjakan. Jika gemar menulis, mungkin menjadi penulis jurnalis lepas bisa menjadi pilihan. Atau jika gemar mendesain, banyak sekali perusahaan yang mencari freelancer di bidang desain.

 

2. Promosikan Profil Anda

Sama halnya dengan produk, akan tidak ada gunanya jika sebuah produk berkualitas jika gagal dalam upaya mempromosikannya. Begitu pula dengan menjadi freelancer, kita harus tahu bagaimana cara menjual diri kita. Bisa dimulai dengan membangun blog pribadi, sosial media, serta menampilkan profil yang kredibel

 

3. Manfaatkan Peran Marketplace Freelance Online

Setelah mempromosikan profil secara independen, langkah selanjutnya adalah bergabung di sebuah marketplace freelance online, contohnya seperti di freelancer.co.id, dengan beitu kita dapat mencari proyek untuk dikerjakan. Di Freelancer.co.id sendiri, setiap harinya, ada ribuan proyek baru. Untuk sekedar mendaftar, Anda dapat melakukannya dengan gratis. walau tentu saja ada keanggotaan premium dengan hak istimewa seperti jatah lelang lebih banyak setiap bulannya.

 

4. Temukan Rumah yang tepat

Selama ini Freelancer dianalogikan sebagai pekerja lepas yang bekerja di rumah, namun tidak ada salahnya jika kita menginginkan rumah dengan suasana yang baru. Bukan berarti membangun rumah baru, t Jika bosan dengan suasana cafe yang cenderung menguras kocek, ada baiknya kita mencoba sebuah tempat bernama Coworking Space. Coworking Space adalah sebuah konsep ruang berkreasi bersama yang tidak bersekat sehingga memungkinkan terjadinya interaksi antara satu freelancer dengan freelancer lain. Dengan adanya interaksi ini, diharapkan akan terciptanya sebuah simbiosis mutualisme antara dua atau lebih freelancer yang berbeda bidang pekerjaan, seperti berbagi wawasan atau bahkan yang lebih jauh lagi, bisa membuka peluang untuk bekerja sama.

About The Author

irfan pradana

No Comments

Leave a Reply

THE MEDIA

WHO TALKING ABOUT US

ALWAYS HERE

CONTACT US

Our staff is happy to help you