Jalan-jalan ke Rumah Kreatif Jogja

Jalan-jalan ke Rumah Kreatif Jogja

Selasa (18/7) kami berkesempatan untuk mengunjungi salah satu Coworking Space di kota pelajar, Yogyakarta, bernama Rumah Kreatif Jogja (RKJ). RKJ Jogja adalah tempat pertama yang kami sambangi dalam rangkaian kunjungan ke beberapa kreatif atau Coworking Space yang ada di Yogyakarta. Melalui laman resminya RKJ merupakan Program dari Kementerian BUMN yang difasilitasi oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk memfasilitasi UMKM di Yogyakarta pada khususnya, dengan menggandeng berbagai pihak Akademisi, Pemerintah Daerah, Pengusaha, Media dan Komunitas untuk mendukung program tersebut.

Ruangreka Coworking Space Bandung (4)

Rumah Kreatif Jogja Coworking Space

Kedatangan kami disambut dengan hangat oleh Mas Abdul Aziz selaku pengelola RKJ. Menurut keterangan Mas Aziz, RKJ mulai beroperasi pada 12 Januari 2017 lalu. RKB memiliki tujuan untuk menjadi wadah mengkolaborasikan UKM dengan pelaku Kreatif. Dari awal hingga kini RKB tidak mematok tarif kepada para membernya. Semua fasilitas yang ada di RKJ bisa diakses gratis oleh membernya.

“Sekarang kami memiliki member sekitar 500-an UKM, dan 200-an Pelaku Kreatif.” Papar Mas Aziz.

Ruangreka Coworking Space Bandung (1)

Rumah Kreatif Jogja Coworking Space

Mas Aziz menambahkan para UKM dan dan Pelaku Kreatif yang berminat menjadi member dipersilahkan untuk mendaftar dan memenuhi beberapa syarat seperti konsep ide, program dan produk. Nantinya mereka akan mendapat pelatihan untuk mengembangkan usahanya.

“Di sini seperti kelas. Ada sistem kenaikan kelas, jadi setiap 3 bulan akan ada evaluasi untuk menilai perkembangan para member. Lalu member yang sudah senior dan mampu mandiri kelak diharapkan untuk membagi pengalamannya pada member-member baru” Lanjut Mas Aziz.

Ruangreka Coworking Space Bandung (5)

Rumah Kreatif Jogja Coworking Space

Untuk mengakomodir kebutuhan para membernya, fasilitas yang disediakan oleh RKJ terbilang sangat lengkap. Terdapat 2 ruangan yang cukup besar yang bisa digunakan sebagai ruang kerja yang terdiri dari ruang indoor dan outdoor. Selain itu RKJ juga memiliki sebuah ruang pertemuan yang secara rutin digunakan untuk menggelar workshop atau pelatihan. RKJ juga memiliki ruang display  yang gunanya untuk memajang produk hasil bikinan member yang telah melewati proses kurasi sebelumnya. Uniknya lagi, RKJ memiliki Kantin Kejujuran, di mana setiap member yang ingin minum atau makan dipersilahkan untuk membuat makanan atau minumannya sendiri, kemudian disediakan sebuah kotak untuk membayar dan mengambil uang kembaliannya sendiri.

Ruangreka Coworking Space Bandung (6)

Kantin Kejujuran Rumah Kreatif Jogja

Sebagai informasi tambahan, dalam waktu dekat RKJ beserta para membernya akan mengikuti sebuah ajang pameran UKM di kota Moskow, Rusia.

“Bulan Agustus nanti kami akan menyeleksi beberapa produk untuk kemudian dikirim dan dipamerkan di Rusia.” Pungkas Mas Aziz.

 

(IRF)

About The Author

ruangreka

No Comments

Leave a Reply

THE MEDIA

WHO TALKING ABOUT US

ALWAYS HERE

CONTACT US

Our staff is happy to help you