Pentingnya Peran Coworking Space untuk Perkembangan Startup

Pentingnya Peran Coworking Space untuk Perkembangan Startup

Seperti jamur di musim hujan, begitulah kiranya pepatah yang tepat untuk menggambarkan bagaimana perkembangan startup di Indonesia. Dari tahun ke tahun, ada saja founder startup baru yang bermunculan beriringan dengan ide-ide yang segar juga. Hal ini diperkuat oleh hasil survey dailysocial.net yang menyebutkan bahwa saat ini setidaknya ada 1500-an startup lokal asli buatan anak bangsa.

 

Perkembangan ini sedianya dipicu oleh semakin banyaknya jumlah pengguna internet di Indonesia. Tercatat ada 70 juta jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2013, dan akan terus berlipat ganda seiring berjalannya waktu. Belum lagi dukungan dari berkembangnya jumlah pengguna smartphone akan semakin mendorong meningkatnya eksistensi dunia startup menjadi semakin pesat.

 

Di Indonesia sekarang ini telah banyak berdiri komunitas founder-founder Startup. Seperti Bandung Digital Valley (bandungdigitalvalley.com), Jogja Digital Valley (jogjadigitalvalley.com), Ikitas (www.ikitas.com) Inkubator Bisnis di Semarang, Stasion (stasion.org) wadah bagi Startup lokal kota Malang, dan masih banyak lagi. Berdirinya komunitas ini tentunya akan memudahkan para founder untuk berbagi wawasan, membimbing bahkan untuk menjaring investor.

 

Khusus untuk kota Bandung, para founder startup yang kebetulan berbasis di kota kembang agaknya patut bergembira karena Pemerintah Kota Bandung melalui Walikotanya, Ridwan Kamil sangat concern dan giat mendukung perkembangan dunia startup. Kang Emil, begitu ia kerab disapa, bahkan pernah mengembangkan gedung perkantoran gratis dan pajak bisnis yang rendah bagi startup baru yang tengah berkembang. Selain dukungan pemerintah, startup kota Bandung juga dianugerahi oleh sumber daya manusia yang berkualitas. Tengok saja ITB, salah satu universitas teknologi terbesar di Indonesia ini giat menelurkan lulusan yang kompeten terutama di bidang teknologi dan informasi.

 

Jangan lupakan juga faktor cuaca di kota Bandung yang nyaman. Dikelilingi gunung membuat cuaca di Bandung relatif sejuk, sehingga disadari atau tidak akan membuat pikiran kita menjadi lebih jernih yang akhirnya akan memunculkan ide-ide baru dan segar.

 

Dalam membangun startup, selain ide segar dan tim yang solid, perlu dipikirkan juga tempat serta lingkungan untuk berkreasi. Sebab setuju atau tidak, akan sulit jika hanya bertumpu pada Bandung Digital Valley. Menjamurnya startup di Kota Bandung perlu dibarengi juga dengan munculnya wadah-wadah baru bagi mereka.

 

Di negara-negara maju yang sudah mapan perkembangan startupnya, wadah tersebut diciptakan secara mandiri oleh penggunanya. Wadah ini sering disebut dengan Coworking Space. Coworking Space adalah sebuah konsep ruang berkreasi bersama, tidak bersekat sehingga memungkinkan terjadinya interaksi antara startup satu dengan yang lain. Dengan adanya interaksi ini, diharapkan akan tercipta sebuah simbiosis mutualisme seperti berbagi wawasan atau bahkan yang lebih jauh lagi, bisa membuka peluang untuk bekerja sama.

 

Coworking Space dinilai efektif karena konsep dan fasilitasnya lebih mumpuni ketimbang menghabiskan berjam-jam duduk di cafe yang tentunya akan menguras kocek cukup dalam. Coworking Space memberikan suasana kondusif dan nyaman serta ditunjang oleh kelengkapan sarana meliputi meeting room dan koneksi internet berkecepatan tinggi .

 

Ruangréka menyadari betul kebutuhan ini. Mulai pada tahun 2015, Ruangréka membuka sebuah ruang yang nyaman untuk berkreasi dan berkolaborasi anak-anak muda di kota Bandung. Berlokasi tepat di jantung kota berjuluk Paris Van Java, Ruangréka menyediakan berbagai paket Coworking Space yang tak hanya nyaman, namun juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap.

 

Dan khusus pada bulan November ini, Rungreka memberikan potongan harga sebesar 50% untuk semua paket layanan Coworking Space. Jadi bagi Anda founder startup muda kota Bandung, mari berkembang bersama Ruangréka.

About The Author

irfan pradana

No Comments

Leave a Reply

THE MEDIA

WHO TALKING ABOUT US

ALWAYS HERE

CONTACT US

Our staff is happy to help you