Selamat Tahun Baru 2016 dari Ruangréka

Selamat Tahun Baru 2016 dari Ruangréka

Momen menjelang pergantian tahun biasanya dipenuhi dengan resolusi yang berisi harapan dan impian agar tahun depan dapat lebih baik dari tahun sebelumnya. Setiap orang tentunya mempunyai resolusinya, tidak terkecuali Anda. Resolusi menjadi penting ketika ada niat yang kuat untuk benar-benar mewujudkannya.

Dari sektor ekonomi, tentu kita berharap agar kondisi perekonomian Indonesia bisa membaik. Mengingat bahwa selama tahun 2015 laju pertumbuhan ekonomi kita cenderung lamban. Hal tersebut ditandai dengan meningkatnya harga-harga kebutuhan pokok masyarakat sampai anjloknya nilai tukar rupiah terhadap dollar hingga menembus Rp. 14.000/ Dollar.

Namun menurut Bank Indonesia, kondisi perekonomian Indonesia pada tahun depan sepertinya belum akan menemui peningkatan yang signifikan seiring dengan banyak tantangan yang harus dihadapi, khususnya tantangan dunia global. Disebutkan juga bahwa rencana kenaikan suku bunga acuan The Federal Reserves, pelemahan ekonomi Tiongkok, penurunan harga komoditas dan potensi keluarnya aliran modal dari Indonesia ke negara lain akan turut mempengaruhi kondisi ekonomi di Indonesia pada tahun 2016.

Kemungkinan terburuk jika kita tidak siap menghadapi tantangan tersebut adalah akan semakin terpuruknya kondisi perekonomian bangsa ini. Lantas persiapan seperti apa yang sebaiknya dilakukan ?

Krisis biasanya akan menyasar sektor industri besar, maka dari itu peran industri kreatif sangat krusial dalam menghadapi tantangan ekonomi tahun depan. Juga yang tidak boleh diremehkan adalah peran industri digital, khususnya bisnis online yang seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet turut pula menjadi ladang yang basah untuk mengisi pundi-pundi keuangan. Bahkan rencananya Badan Pusat Statistik (BPS) akan memasukan bisnis online sebagai salah satu objek sensus pada tahun 2016 mendatang.

Pada tahun depan juga diprediksi akan semakin banyak orang yang membangun usaha bisnis online secara independen, menyaingi portal-portal besar yang telah lama berdiri. Bisnis ini bisa meliputi fashion, makanan, aplikasi, jasa konsultan dan masih banyak lagi.

Namun rasanya tidak cukup itu semua tanpa adanya dukungan yang besar dari pemerintah. Semoga Kementerian Koperasi dan UKM serta Badan Ekonomi Kreatif dapat bersinergi secara maksimal dengan para pelaku usaha demi terciptanya pertumbuhan ekonomi yang lebih baik bagi Indonesia.

About The Author

irfan pradana

No Comments

Leave a Reply

THE MEDIA

WHO TALKING ABOUT US

ALWAYS HERE

CONTACT US

Our staff is happy to help you