Tanda Anda Membutuhkan CoWorking Space Sebagai Tempat Bekerja

Tanda Anda Membutuhkan CoWorking Space Sebagai Tempat Bekerja

Berikut merupakan tanda-tanda anda sedang membutuhkan Coworking space sebagai tempat bekerja

1. Anda kesepian saat bekerja di rumah

Bekerja dari rumah memang menyenangkan, tapi kebanyakan pekerja kreatif mendapatkan ide-idenya saat berinteraksi dengan orang lain. Anda bisa saja pergi ke cafe, tapi anda pasti tidak akan bertanya kepada orang asing yang duduk di sebelah meja anda mengenai apa profesi mereka, atau apa proyek yang sedang mereka kerjakan. Demikian juga sebaliknya.
Interaksi adalah keuntungan utama dalam Coworking. Kami bahkan menjadikan kesediaan berinteraksi ini sebagai pertimbangan utama dalam menerima anggota. Kami benci ‘zombie effect’ mereka yang duduk di pojok, fokus pada layar komputer dan tidak berkata sepatah katapun seharian.
Anda mungkin berpendapat bahwa berinteraksi dengan orang lain tidaklah banyak menolong bahkan mengganggu pekerjaan anda. Tidak di Coworking . Meskipun terkadang anda ‘terjebak’ dalam pembicaraan santai dengan sesama Coworker , selalu ada sisi produktif dalam pembicaraan itu, dan anda akan kembali ke pekerjaan anda dengan lebih terinspirasi.

2. Anda butuh motivasi untuk bekerja

Anda akhirnya bisa melepaskan diri dari tuntutan kerja 9-to-5 yang melelahkan, terbebas dari keharusan commuting dan boss yang terus menerus mengintip layar monitor anda dari belakang leher anda. Tapi mampukah anda menahan godaan untuk tidur-tiduran diatas sofa, bermain game, menonton televisi, mensortir koleksi MP3 anda, atau chatting via Facebook selama jam kerja anda di rumah? Jika mampu, syukurlah. Tapi anda pasti kalangan minoritas.
Ada sesuatu yang ajaib saat kita bekerja di sebuah coworking space: saat kita dikelilingi oleh orang-orang kreatif yang asyik mengerjakan hal-hal kreatif yang menarik dan hebat, anda pasti malu hati dan merasa rugi sendiri kalau hanya membuang-buang waktu. Anda pasti akan bertanya-tanya ‘apakah aku juga sedang mengerjakan sesuatu seperti mereka? Jika tidak, barangkali sudah saatnya aku memulai …’ .

3. Anda senang mempelajari hal-hal baru.

Karena sifatnya yang terbuka dan discussion-friendly, anda akan terekspos pada hal-hal baru yang mungkin tidak bisa anda dapatkan di tempat lain. Bisa saja itu keahlian baru, pandangan baru terhadap makna hidup, atau sekedar rekomendasi mengenai tempat jajanan baru. Dan anda bisa mempelajari ini secara sambil lalu, tanpa harus menyisihkan waktu khusus dengan syarat anda bersedia melepas earphone iPod anda dan mulai mendengarkan orang lain.
Sebaliknya, anda juga harus bersedia menyumbangkan sesuatu yang positif bagi komunitas pengalaman, keahlian, atau sekedar saran. Ingat, kami akan membuat undian di saat-saat tak terduga: mereka yang mendapat giliran harus bersedia mempresentasikan karyanya apapun itu didepan anggota yang lain.

4. Kehidupan Profesional dan Pribadi anda kacau balau

Anda akhirnya berhasil keluar dari pekerjaan rutin, namun terbentur masalah terbaik yang mungkin dihadapi oleh seorang pekerja mandiri: tumpukan pekerjaan yang tidak mungkin diselesaikan dengan 40 jam per minggu.
Awalnya tidak ada masalah. Anda bisa bangun di tengah malam, membuat kopi dan kemudian bekerja dan mengecek email hingga pagi tiba sambil memakai piyama anda. Tapi pertimbangkan hal berikut: jika anda terus-menerus menjawab email pada jam 4 pagi, mereka berasumsi bahwa jika mereka mengirim email pada jam itu, anda akan segera menjawabnya. Jika tidak, mereka menganggap anda tidak bertindak profesional. Dan jika anda punya pasangan, kemungkinan besar kebiasaan baru anda itu akan merusak hubungan pribadi anda. Dengan memisahkan ruang kerja dengan rumah, Coworking membuat anda para pekerja mandiri mampu memisahkan kehidupan profesional dengan kehidupan pribadi anda.

5. Membuat kantor sendiri tidaklah efisien bagi anda

Bahkan jika anda mampu membuat kantor sendiri, tidak berarti keuntungan anda otomatis akan berlipat ganda. Kemampuan untuk berbagi biaya setup dan operasional dari sebuah kantor adalah salahsatu keuntungan Coworking yang menarik banyak orang.
Dengan 150-400K per bulan, anda bisa mendapatkan wi-fi tak berbatas, layanan office boy, fax, fasilitas pencetakan, dan ruang pertemuan. Tidak itu saja: dengan mengatasnamakan banyaknya anggota, skema-skema diskon dan sponsorship bisa didapatkan dengan lebih mudah diskon pengadaan komputer atau asuransi kesehatan, misalnya (ingat: pekerja mandiri tidak diasuransikan perusahaan). Bahkan jika anda sudah bekerja di (atau memiliki) perusahaan pun, sekali-sekali bekerja di Coworking Space akan memperluas jaringan bisnis anda, yang mungkin berujung pada bertambahnya klien anda!

Semoga bermanfaat.

Salam,

Anggi, Freelancer

About The Author

ruangreka

No Comments

Leave a Reply

THE MEDIA

WHO TALKING ABOUT US

ALWAYS HERE

CONTACT US

Our staff is happy to help you